Monday 7 October 2019

Sudut Pandang Lain


27 Tahun. Usia yang menurut banyak orang adalah usia yang tepat untuk menikah, bahkan boleh dibilang telat. Pertanyaan-pertanyaan seputaran itu semakin kesini semakin banyak dan masif dilontarkan dari keluarga dan teman-teman. Namun bagiku usia diatas adalah usia dimana aku harus lebih produktif dalam hal apapun, terutama pekerjaan. Secara saat ini aku belum menemukan pekerjaan tetap. Semoga disegerakan.


Tidak pernah terbayang bagaimana aku, anak daerah yang saat ini tinggal untuk bekerja di Ibukota (saat ini) sebelum ibukotanya pindah. Sedikit banyak merubah sudut pandangku tentang berbagai hal, terutama menikah. Suatu waktu Ibuku bertanya kapan mau nikah? Dan dengan santai kujawab. Ma, seandainya aku tinggal di sana (kotaku) mungkin sudah lama aku minta untuk nikah. Ibuku hanya tersenyum, seakan paham fikiran anaknya. Beliau tidak banyak protes, mungkin karena masa mudanya dihabiskan ditempat Aku berada saat ini.

Mungkin beliau dapat membaca fikiranku bahwa masih banyak hal yang belum tercapai, masih banyak tempat yang belum dikunjungi, dan masih banyak tantangan yang belum dicoba. Bukannya dari dulu kita sering mendengar bahwa lingkungan mempengaruhi seseorang.

Akhirnya aku paham dan itulah jawaban dari persoalan diatas. 

Untuk kalian yang sedang menunggu percayalah bahwa hari itu akan datang.

No comments:

Post a Comment