Wednesday 20 December 2017

Uji Akurasi Hasil Klasifikasi Menggunakan ArcMap

Bagi bagi pengalaman bagaimana cara melakukan uji akurasi hasil klasifikasi menggunakan ArcMap dari ArcGis.

Sebelum masuk ke materi inti.. ada baiknya kita ngobrol sedikit apa itu klasifikasi. Klasifikasi adalah teknik pengolahan pada citra dengan cara mengelompokkan piksel-piksel kedalam sejumlah kelas, sehingga setiap kelas memiliki pola-pola atau distribusi spasial yang unik dan spesifikyang mencerminkan suatu objek atau informasi yang bermanfaat sesuai dengan keperluan (Chein-I Chang dan H.Ren, 2000). Secara awam, klasifikasi itu mengelompokkan ribuan piksel pada citra satelit kedalam beberapa kelas agar mudah diidentifikasi.
Kenapa perlu dilakuan uji akurasi ??? Hasil klasifikasi citra dapat dikatakan masih bersifat tentatif apila belum melakukan tahap proses uji akurasi. Uji akurasi dilakukan untuk mengetahui seberapa akurat hasil dari klasifikasi yang kita lakukan selanjutnya, hasil uji menentukan citra hasil klasifikasi dapat digunakan atau tidak. 

Daripada pusing-pusing langsung simak tutorial dibawah ini.

Pertama siapkan citra yang sudah diklasifikasi dalam format .tiff
Kemudian siapkan juga data lapangan sebegai "reference". Data lapangan dalam bentuk “point” Jangan Lupa isi "ID dan Ket" seperti Gambar berikut atau isi sesuai kebutuhan kalian.

Klik kanan > properties > Symbology > Categories kemudian value field nya ubah menjadi "Ket" > Add All Values kemudian klik OK

Kemudian ubah data lapangan ke dalam format raster
ArcToolbox > Conversion Tools > to Raster > Point to Raster

Jangan lupa ganti value field dengan Ket

Setelah itu gabung citra hasil klasifikasi dengan data lapangan yang sudah diubah ke format raster tadi.
Spatial Analyst Tools > Local > Combine

Kemudian input citra hasil klasifikasi dan data lapangan yang sudah di convert tadi > pilih tempat penyimpanan dan klik OK.

Setelah selesai klik kanan > open attribute table.

Open ArcToolbox > Data Management Tools > Table > klik “Pivot Table”

Pada jendela Pivot Table. Input table isi tabel hasil kombinasi, Input field centang citra kalian (Supervised), pivot field pilih data lapangan (Gabung_Des) dan value field pilih "Count". pilih tempat penyimpanan dan klik OK.


Kemudian open table dan export ke exel
Export ke exel 
Conversion Tools > Table to Excel  


Setelah di konvert buka excel maka hasilnya seperti ini. 

Pada tebel berikut tinggal kalian sesuaikan dengan hasil klasifikasi kalian. Angka pada kolom Supervised dapat diganti dengan kelas hasil Kelas-kelas yang kalian buat.

Perlu sedikit penyesuaian dari table di atas hingga menjadi table seperti dibawah ini. Mainkan kreatifitasmu broo..

Semoga bermanfaat.. Saran dan masukan sangat diperlukan
TERIMA KASIH.. Selamat Mencoba

4 comments:

  1. Pusing ku liat beginian nih... apa ni hend..?

    ReplyDelete
  2. Kak mau tanya dong. Data lapangan itu diperolehnya darimana? Apa peneliti harus terjun langsung ke lapangan? sedangkan sampel yang diambil banyak.

    ReplyDelete