Tuesday 16 January 2018

Tips menggunakan Google Maps

Beberapa tahun terakhir ini lagi happening banget yang namanya traveling. Karena traveling bisa bikin kalian lebih, lebih kreatif, menambah pengalaman baru, dan menjaga kesehatan psikologis. Makanya orang-orang yang kurang piknik biasanya suka marah, terlihat lebih tua dan kemudian mati karena banyak yang mendoakannya cepat mati akibat sering marah marah.

Nah untuk mendukung kegiatan kekinian ini, kalian perlu peta biar gak nyasar. Dora aja yang jalan2nya udah expert masih butuh peta apalagi kita hehe.. Peta yang gue maksud disini adalah peta dari "google maps" yang pastinya kalian udah pada tau. Untuk kalian yang suka traveling dengan cara bacpacker kalian harus punya aplikasi ini biar gak nyasar, apalagi yang suka jalan-jalan sendiri karena nyasar sendirian itu gak enak.
Tulisan ini gak berafiliasi dari pihak manapun.. hanya sekedar berbagi pengalaman
Berikut gue kasih tips cara menggunakan google maps biar kalian gak ngalamin seperti apa yang gue alamin. Mulai dari nyasar, kejebak di gang sempit, salah masuk jalur toll sampai ditilang gara2 masuk jalan 1 arah.

Alat dan bahan yang harus disiapkan adalah
  1. Kalian arus punya Smartphone dan install aplikasi google maps. Biasanya untuk pengguna os Amdroid aplikasi google maps udah langsung include. Kalo kalian pengguna iOS ya silahkan download di appstore.
  2. Kalau sudah biasanya google minta izin mengakses lokasi anda. Silahkan izinkan
Kalau sudah selesai install silahkan ikuti tips berikut.
  1. Buka aplikasinya
    Tampilan google maps "titik biru adalah lokasi anda"
  2. Ketik lokasi yang akan kalian tuju.
    Ketik lokasi yang akan didatangi
  3. Klik "Petunjuk arah".
     
  4. Sebelum kalian tekan tombol "mulai" lebih baik kalian pelajari dulu rutenya karena biasanya google menampilkan beberapa opsi jalur dan akan merekomendasikan rute tercepat.
    Pelajari dulu rutenya sebelum klik "Mulai"
  5. Kalian harus cermat memilih rute. Karena yang direkomendasikan google adalah rute tercepat, biasanya google menampilkan jalan2 sempit atau gang. Ini sangat penting apabila kalian naik mobil.
  6. Kalo sudah yakin dengan rutenya.. mulailah berjalan.
  7. Jangan sering2 liat jalur di google maps.. fokuslah pada jalanan, apalagi kalo kalian nyetir sendiri. Untuk mensiasati tinggikan volume karena mba2 peta akan ngasih tau kapan kita harus belok.
Selain naik kendaraan sendiri google juga memberikan estimasi waktu dan rute apabila kalian memilih naik kendaraan umum atau pengen jalan kaki melalui ikon seperti dibawah ini.
Memprediksi Macet
Google juga dapat memprediksi daerah macet yang ditandai dengan warna merah dan daerah padat yang ditandai dengan warna kuning pada rute anda. Gak cuma itu.. google maps juga bisa mencari lokasi SPBU, cafe, restoran, supermarket atau pintu toll disepanjang jalur yang kalian pilih.
 

Mencegah penipuan
Selain untuk mengetahui jalur dan memprediksi macet.. Google maps juga bisa kalian gunain untuk mencegah tindak penipuan supir taksi yang sering muter muter di kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dll.
 
Dengan adanya aplikasi ini kalian gak perlu takut lagi untuk jalan sendirian. Jangan sampai pas udah datang ke daerah baru gak berani jalan gara-gara takut nyasar. 

Selamat mencoba.. Semoga tips ini bermanfaat
 

1 comment: