Friday 28 April 2017

Ke Negeri Cina

Gak pernah mimpi untuk pergi ke Cina meskipun sering dengar pepatah "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina". Yang gak pernah mimpi aja bisa kesana apalagi yang udah mimpi hehehe. Tanggal 15 sampai 23 april 2017 kemaren gua baru aja dari sana tapi bukan untuk jalan-jalan melainkan untuk menuntut ilmu. Iya menuntut ilmu karena gue kesana dalam rangka WESTPAC 10th International Scientific Conference untuk presentasi hasil dari penelitian gue. Untuk sampai disini ceritanya panjang, tapi untuk tulisan ini gue gak cerita bagaimana caranya gue bisa nangkring di Cina.

Sebelum berangkat ada baiknya kalian cari tau dulu gimana keadaan negera yang akan kalian datangin. Kalian harus memastikan cuaca, bahasa, makanan, sampai apa yang mereka pakai setelah buang air. Sedikit info, toilet di Cina gak menyediakan air untuk bilas hehe..

Berangkat dari Jakarta tanggal 15 April naik pesawat yang punya tagline now everyone can fly gue transit di Kuala Lumpur untuk lanjut lagi ke Wuhan, Cina. Sebenarnya tujuan gue bukan ke Wuhan tapi ke Qingdao, berhubung gak ada penerbangan yang langsung ke Qingdao jadi kami transit di Wuhan dan lanjut naik pesawat domestik ke Qingdao.
berangkat dari KL agak telat karena cuaca, sangat dimaklumi untuk keselamatan

Sebelum berangkat gue dipesan untuk bawa mie instan sama roti karena agak susah cari makanan halal disana. Agak susah ya bukan susah.. ada beberapa tempat makanan halal disana.

Transit 7 jam di Wuhan sebelum lanjut ke Qingdao

Sampai di Wuhan jam 12 malam dan penerbangan ke Qingdao jam 7 pagi mau gak mau kami harus nginap di bandara dalam keadaan dingin dan kelaparan. Disaat yang lain nyari posisi untuk tidur gue jalan keluar bandara biar gak ngantuk. Ternyata gak jauh beda sama bandara di tanah air yang kalo kita keluar disambut dengan mas-mas yang nawarin taksi. Tapi disini beda.. mereka nawarin taksinya pake bahasa Cina.

Salah satu terminal kedatangan di Wuhan
Besok paginya kami terbang ke Qingdao. Penerbangan dari Wuhan ke Qingdao kurang lebih 2 jam.. selama penerbangan gue tidur karena malamnya gue begadang di bandara. Setelah 2 jam akhirnya kami sampai di Qingdao.. Kami menetap 5 hari disana mulai tanggal 16 sampai tanggal 20 untuk mengikuti conference. Sampai di Qingdao tujuan pertama kami langsung ke hotel tempat acara untuk registrasi.. biar gak bolak balik.
Registrasi Ulang.. dilayani panitia berbaju kuning seperti minion
Setelah semuanya selesai registrasi ulang kami menuju apartemen yang gak jauh dari hotel tempat acara.. ya sekitar 7 menit lah jalan kaki. Apartemen kami di lantai 34, fasilitasnya lumayan lengkap mulai dari dapur sampai mesin cuci.
dibalik jendela Lantai 34, Gedung yang melengkung itu adalah semacam kantor gubernur
Penjagaan di Gedung melengkung
Kegiatan kami hari pertama di Qingdao ditutup dengan makan malam yang menunya mirip kayak anak kost. #mienasidantelur
Menu makan malam hari pertama

Hari kedua di Qingdao tanggal 17 April adalah Pembukaan Conference kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari 2 Keynote Speeches pada pagi hari itu.
Pembukaan Conference
Setelah pembukaan kami ikut beberapa presentasi hasil penelitian yang disampaikan dari peserta conference. Sayang sekali rasanya kalo keluar negeri cuma datangin undangan terus ngabisin waktu di hotel. Hari itu kami gak ikut kegiatan sampai selesai, jadwal presentasi kami masih 2 hari yaitu tanggal 19 April. Jadi sore itu kami memutuskan untuk jalan-jalan disekitar hotel tempat acara. Kebetulan disana adalah daerah pantai jadi kami langsung kesana.

Biar kayak di Cina
Piring2 didepan itu contoh makanan yang mereka sediakan. Tinggal tunjuk langsung dimasak
Di Cina hampir disetiap restauran atau warung makan yang kami datangin penjaganya jarang yang bisa berbahasa Inggris. Untuk mesan makanan mereka menyediakan gambar2 atau contoh makanan dengan tulisan kanji dibawahnya.
Kalo pemandangannya gini jadi pengen lama lama nunggu lampu hijau
Qingdao Olympic Sailing Center
Sangat mudah menemukan taman2 seperti ini di Qingdao

Lari karena di negera kita jarang ada pohon bunga beginian ditengah kota

Entah apa yang ibu ini tangkap

Salah satu toko oleh-oleh di Qingdao.
Sakura kah???
Hari ke 3 dan ke 4 di Qingdao kami habiskan untuk persiapan presentasi. Seperti biasa jam 9 pagi sudah tiba di hotel untuk mendengarkan Keynote Speeches sebelum coffee break  dan lanjut masuk ke ruang presentasi untuk ngikutin penyampaian hasil penelitian apa yang dari perserta.

Foto2 dibawah adalah pada saat kami presentasi. Dari kami ber5 cuma gue yang poster. Gue pikir untuk yang perdana ini poster aja dulu karena lebih mudah. Ternyata pada saat disana poster gak lebih muda daripada oral. Kalau oral dikasih waktu 20 menit untuk presentasi dan tanya jawab. Kalau waktu 20 menitnya habis cuma untuk presentasi artinya gak ada waktu untuk tanya jawab. Tapi kalau poster waktu presentasinya 2 hari. Jadi orang-orang bebas datang terus baca-baca terus nanya-nanya tanpa ada moderator yang bilang waktu anda sudah habis.

Hari terakhir di Qingdao setelah penutupan acara kami kembali jalan2 disekitar pantai sambil liat2 siapa tau ada yang bisa dijadikan oleh2.
Icon Kota Qingdao
Salah satu arena olimpiade Cina 2015
Pusat oleh-oleh
Tawar menawar menggunakan bahasa tubuh
Kerja sambil jaga anak

Silahkan coba
Jangan di zoom terutama untuk yang jomblo
Sampai disini dulu tulisan kali ini karena perjalanan di Cina belum berakhir. Tenang masih ada sambungannya.. tunggu aja