Wednesday 3 October 2018

Australia Part 1 - Cairns, QLD - Three Island and Two Island

Hari itu tanggal 3 - 10 Juni 2018 bertepatan dengan bulan suci Ramadhan Kami berangkat ke Australia tepatnya ke kota Cairns, Australia. Sebenarnya tujuan utamnya bukan jalan-jalan ke kota tapi kami akan mengikuti workshop di atas kapal selama seminggu di perairan Great Barrier Reef (GBR) Australia. Jadi yang menyelenggarakan workshop adalah Wolonggong University Australia dan kami diundang sharing tentang bidang keilmuan yang kita geluti sekarang. Akhirnya berangkatlah kami ber tujuh ke benua seberang.

Yang bikin spesial dari perjalanan ini adalah karena bertepatan dengan bulan Ramadhan. Kalian bisa bayangkan bagaimana rasanya pergi dari satu pulau ke pulau lain dalam keadaan berpuasa, ditambah pulau yang akan didatangi tidak akan ada yang jualan takjil.

Singkat cerita akhirnya kita berangkat dari Bali menuju Cairns, Australia.
Supaya kalian bisa membayangkan ini petanya
Letak kota Cairns

Cairns, QLD, Austalia.
Kami berangkat dari Bali sekitar pukul 01.00 WITA. Perjalanan ke Cairns memakan waktu 4 jam dengan low budget flights dan karena waktu disana lebih cepat 3 jam dari Bali makan kami tiba sekitar Pukul 07.00 Waktu Cairns. Tiba disana kami langsung menuju hotel. Yang uniknya waktu check-in hotel disini adalah jam 2 siang dan harus check-out jam 10 pagi.

Plaza Hotel Cairns, letaknya tepat dipinggir pantai
Pemandangan dari hotel langsung manghadap laut
Karena kami tiba terlalu pagi dan kamar belum ready maka kami memutuskan untuk jalan-jalan dulu sambil mencari tempat beristirahat.

Rumah penduduk

Suasana kota yang sepi dan tertib

Supaya gak dibilang hoax
Jalan kaki biar gak bayar
Setelah check in hotel kami istirahat, kemudian sorenya lanjut jalan lagi sambil mencari sesuatu untuk berbuka puasa. Di dekat hotel ada night market yang disana menjual berbagai makanan dan pernak pernik untuk oleh-oleh.

Foto di Salah satu ikon di kota Cairns, Australia. Mohon di like fotonya di Instagram hehehe
NIGHT MARKET
Suasana didalam Night Market

Disini ada yang jual dendeng daging buaya dan daging kangguru
Supaya hemat karena sebotol air harganya A$ 2 atau sekitar Rp. 20.000,-
Selesai belanja mencari makanan dan belanja oleh-oleh akhirnya kami kembali ke hotel untuk berbuka puasa.

Menu buka puasa hari itu
Seperti yang saya ceritakan sebelumnya kalau hotel disini check-outnya jam 10.00 pagi dan kapal menuju pulau pertama jam 5 sore. Akhirnya kami kembali berkeliaran namun pemandangan kali ini berbeda. Bisa bikin batal puasa

ini yang baju merah mengganggu sekali
Ingin rasanya ikut berjemur, apadaya sedang berpuasa
heem.. sendirian

Di Kota Cairns kami hanya 2 hari 1 malam yang kemudian kami bertolak ke Three Isles di kawasan Great Barrier Reef (GBR). Total ada 3 pulau yang kami datangi saat itu yaitu Three Isles, Nymph Island dan Two Island. Untuk mempermudah pembaca membayangkan dimana letaknya saya kasih petanya di bawah ini.
Great Barrier Reef
Dari Cairns kami bertolak ke pulau pertama yaitu Three Isles. Perjalanan ke Three Isles memakan waktu sekitar 12-13 jam menggunakan kapal bernama Kalinda.
Kalinda in front of the sunset
Pulau Pertama Three Island
Setelah terkatung-katung dilautan selama belasan jam akhirnya kami sampai di Pulau Pertama yaitu Three Island. Pulau ini tidak terlalu luas, cukup 30 menit untuk mengelilingi seluruh pulau. Pulau ini termasuk dalam Taman Nasional sehingga tidak boleh mengambil apapun dari dalam pulau.

Tidak akan ada yang percaya kalo ini diluar negeri tanpa tulisan itu

Karena tidak ada dermaga dan perairan disekitarnya dangkal, maka Kalinda tidak bisa sandar sampai ke Pulau. Kami menggunakan perahu kecil untuk sampai ke Pulau.

untuk menuju ke pulau dari kapal kami menggunakan perahu kecil ini
Sampai di Pulau hal yang pertama dilakukan ada briefing tentang apa saja yang harus dikerjakan, hal apa yang tidak boleh dilakukan, menentukan waktu dan membagi tim.

Briefing
Hasil dari briefing adalah tim dibagi menjadi 2 kemudian setiap tim harus menebar masing-masing 5 GCP (Ground Control Point) diseluruh pulau. Setelah itu kembali berkumpul untuk sama-sama menerbangkan drone.
Ground Control Point (GCP)
Prepare the Drone #DJIPhantom4Pro
Drone

Sambil menunggu drone bekerja kami berdiskusi
Kami berada di Three Island selama 2 hari 1 malam. Karena khawatir akan keamanan kami tidak menginap di pulau, selain itu seluruh perlengkapan dan logistik berada di kapal. Yang menarik adalah setiap akan kembali ke kapal entah kenapa beberapa diantara kami merasa tidak bersemangat. Bukan karena masih pengen di pulau, namun kapal yang selalu bergoyang menjadikan mereka mabuk ditambah aroma masakan yang tidak sama seperti di Indonesia menjadikan isi perut semakin ingin keluar. Padahal kami sedang berpuasa.

Rata-rata pantai disini seperti gambar diatas. Pantainya ditutupi pecahan karang

Gunakanlah alas kaki yang proper

Pulau ke Dua Two Island
Kegiatan disini sama seperti di Three Island. Keliling pulau, menerbangkan drone, diskusi, foto-foto, tidur siang dan kembali ke kapal. Pulaunya juga sama pecahan karang menutupi pasir di pantainya dan hutan kecil ditengan pulau.
Jejak Manusia
Menyusuri pulau mencari tempat berteduh. Bukan karena hujan tapi angin disini sangat kencang
Diskusi (lagi) sebelum istirahat
Burung Camar *Sing
Selepas Sholat dipasir
Jejak Buaya

Gus bilang ada yang lebih besar dari itu
Sebelum kembali ke kapal dan berbuka puasa.