Saturday 19 December 2015

Adaptsi ditempat baru

Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi (makanan)

Seperti bakteri yang memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri apabila dipindahkan ke media baru, manusia juga membutuhkan masa adaptasi seperti itu. Sama seperti gue yang sampai saat ini masih beradaptasi dengan tempat yang baru setelah gue memutuskan untuk kuliah lagi. Masa adaptasi orang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang sangat lama. Mungkin orang yang masa adaptasinya lama dulunya sering di PHPin sampai sampai ia susah move on. Alhamdulillah masa adaptasi gue sangat cepat bahkan gue sudah beradaptasi sebelum gue tiba ditempat ini, karena sanking capatnya gue sampai mencret seminggu gara-gara makan sembarangan.


Hal yang lo harus perhatiin apabila tiba ditempat baru adalah makanannya, karena "lo adalah apa yang lo makan" dan lo gak bisa hidup tanpa makanan. Seperti kata mama gue yang nelpon seminggu setelah gue pindah kesini, beliau bilang, ki kalo makan jangan pelit2 ya maksudnya kalau mau makan harus makan jangan ditahan2 sampai lapar, karena orang hidup itu harus makan. kemudian telpon ditutup, mungkin itu adalah salah satu cara mama gue supaya perkataanya yang tadi gak gue bantah.

Selain makanan lo harus adaptasi dengan lingkungan sekitar, karena manusia adalah mahluk sosial yang gak mungkin hidup tanpa bantuan dari oraang lain. Oleh karena itu setibanya gue disini gue langsung kenalan dengan siapapun orang yang gue temuin di kost ini, gak peduli dia penghuni kost atau cuma orang lain yang datang berkunjung. Sampai-sampai gue kenalan dengan calon maling yang lagi ngincar2 barang yang mau dibawa kabur. Tapi karena gue kenalan sama dia, identitasnya terbongkar sampai akhirnya dia gak jadi maling lagi dan sekarang sudah bertobat kembali kejalanan.

Banyak keuntungan yang lo dapat kalo bisa beradaptasi dengan cepat ditempat yang baru. Pertama, lo bakal cepat punya banyak teman. Kalo sudah punya banyak teman segala urusan bisa diselesaikan bareng-bareng. Kedua, lo lebih cepat dapat informasi apapun.. baik yang lo butuhin maupun yang gak lo butuhin. Baik itu info yang baik maupun info yang gak baik. Yang terakhir, kalo lo cepat beradaptasi maka berat badan lo bakal bertambah. Seperti gue yang tiap hari selalu dapat panggilan makan gratis diberbagai kamar di kost ini.

Intinya setertutup apapun lo, lo harus bisa beradaptasi dengan orang-orang dan lingkungan disekitar lo. Bukan gak mungkin lo bakal tinggal di tempat yang baru dengan suasana dan orang-orang yang jauh berbeda dengan tempat yang lo tinggal sebelumnya. Seperti Syair Imam Syafii' pada novel Negeri 5 menara yang gue baca seperti dibawah ini.

No comments:

Post a Comment