Thursday 16 July 2015

Hal-hal yang bikin gak fokus ibadah

Beribadah seharusnya dilakukan dengan khusyuk dan fokus agar ibadah kita gak sia-sia dan mendapat pahala dari Tuhan YME. Dalam beribadah ada saja hal-hal yang bikin nilai pahala berkurang baik itu dari diri sendiri (internal) seperti mahluk astral maupun dari luar (eskternal). Berikut ini faktor eksternal yang bikin ibadah gak fokus:




1.      Bau
Yap bau atau aroma juga sering bikin ibadah kita gak fokus, apalagi pas sholat berjamaah di sebelah ada yang lupa pake deodoran. Lebih parah lagi kalau di sebelah kiri kanan lupa pake deodoran. Atau ada disebelah lo kebetulan orangnya lupa gosok gigi, karena lupa dia udah gak gosok gigi 2 minggu terus pas teriak AMIN kenceng banget. Saran gue kalau loe ketemu orang kayak gitu mending loe pindah dari pada kena kanker hidung atau bulu hidung loe jadi gondrong seketika.
2.      Gerakan 
Biasanya dalam sholat berjamaah ada saja orang di sebelah melakukan gerakan gerakan aneh yang mencuri perhatian. Seperti garuk-garuk, ngupil terus upilnya dimakan, dan yang paling parah pas lagi tahyat telunjuknya goyang-goyang. Itu kan ganggu banget.
3.      Anak kecil
Ibadah harus di ajarkan sejak dini kepada anak, tak jarang orang tua mengajak anaknya yang masih kecil untuk ikut beribadah. Mungkin karena gak biasa kita sering mendengar tangisan anak kecil. Kadang juga tempat ibadah menjadi tempat bertemu kembali anak-anak selain di sekolah, makanya kalau sudah ketemu dunia seperti milik mereka jadi mereka bebas main tanpa ada yang ngelarang karena orangtuanya lagi berusaha untuk fokus hehehe.
Yang paling mengganggu yang pernah gue alamin ketika lagi sholat pake sarung waktu itu imamnya baca surah yang panjang, lagi asik-asik berdiri 3 orang anak kecil sebesar kucing mencoba menerobos sarung gue. Mungkin mereka lagi main menembus dimensi lain. Untung aja sarung gue gak lepas.
4.      Tempat yang kurang nyaman.

Itu aja dari gue, mungkin kalian pernah ngalain hal aneh pas lagi ibadah bisa coret2 di kolom komentar.
Artikel ini dipublikasikan juga di http://nyunyu.com

No comments:

Post a Comment