Wednesday 25 June 2014

Cara Mengatasi Gugup Seminar

Seminar atau persentasi adalah salah satu cara untuk memperkenalkan rencana penelitian atau hasil dari penelitian kalian. Seminar juga merupakan syarat agar kalian bisa melangkah ke jenjang berikutnya (menjadi sarjana). Kalau gak berani seminar berarti kamu gak berani untuk mempertanggung jawabkan rencana atau hasil penelitianmu, seminar aja gak berani apa lagi mempertanggung jawabkan perbuatanmu di akhirat nanti?


Sebelum seminar biasanya ada perasaan yang aneh di dalam diri seperti gugup, jangtung berdebar, gatal-gatal, muntah, dan gejala lain. Apabila gejalanya masih berlanjut segera hubungi dokter terdekat. Perasaan gugup itu sangat manusiawi selama manusia itu masih hidup. Berikut beberpa cara untuk mengatasi gugup saat menjelang seminar.

  1. Banyak mengkonsumsi air putih, di anjurkan 8 gelas sehari untuk perokok di sarankan minum lebih banyak.
  2. Konsultasi ke dosen pembimbing
  3. Persiapkan segala hal yang berkaitan dengan seminar, Seperti surat-surat, peminjaman ruangan, tanda tangan dosen, dan materi untuk seminarmu.
  4. Berkumpullah dengan teman-teman. Lebih banyak masukan lebih bagus, Hindari kesendirian karena kamu nanti bakal galau dan demam pada saat seminar.
  5. Jangan terlalu di pikirkan, karena belum tentu apa yang kamu takutin bakal terjadi. Jadi SANTAI AJA.
  6. Minta restu dari orang tua, karena ridhonya Allah tergantung dari ridhonya orang tua.
  7. Berdoa ini sangat di anjurin karena kita hanya bisa berencana tapi hanya Dia lah yang menentukan.
Selamat seminar, semoga hasil yang di dapat sesuai apa yang di harapkan. :D 

No comments:

Post a Comment