Sunday 19 August 2012

Berpuasa di tempat orang yang tidak berpuasa

Ini adalah pengalaman pertama kami berpuasa di kampung dengan orang" yang tidak berpuasa. Kenapa??? Karena kami sedang melaksanakan tugas pengabdian masyarakat di sebuah desa yang minim dengan umat muslimnya.. Ya kali ini kami minoritas.
Terdiri dari 10 orang dengan 6 orang muslim. Kami menyambut ramadhan dengan suka cita.. Berbekal HandPhone untuk menghubungi keluarga dan teman untuk menanyakan kapan dimulainya puasa. suasana Ramadhan tidak terasa disini karena kami berada di desa yang mayoritas berpenduduk non muslim, tidak adanya media sperti televisi dan radio. Bermodal selembar jadwal imsakiyah kami menentukan sendiri kapan waktu berbuka dan kapan waktu imsak walau disetiap waktu itu kami selalu berdebat karena jam yang tertera di HP kami masing" berbeda #indahnyaperbedaan.
Selain itu di desa ini tidak ada warga yang menjual ta'jil.. Boro boro julan ta'jil pasar yang menjual keperluan dapur sehari hari saja tidak ada disini.
Tidak ada suara Adzan, tidak ada suara warga yang membangunkan sahur #indahnyasuasanaberbeda
Menu berbuka kami pun tidak kalah keren.. Biasanya hanya teh manis panas (panas karena baru di buat dan gak ada yang jual es batu disini) dan gorengan seadanya, itu pun kalo teman kami yang kami pangil mami gak meraju dan lagi mau masak.
Mungkin itu yang bisa kami ceritakan.. #indahnyaRamadhan

1 comment:

  1. wakakakkakaka, otek2 ala mami siska... kurang bumbu...

    ReplyDelete